Pengertian Kambium Pada Tanaman

Kambium adalah lapisan jaringan meristematik yang ada pada tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah dan bertanggung jawab atas pertumbuhan sekunder pada tumbuhan. Kambium dapat ditemukan pada batang dan akar tumbuhan. Berdasarkan jaringan tetap yang dibentuknya, dikenal dua kelompok kambium, yaitu kambium gabus (felogen, phellogen) dan kambium pembuluh (vascular cambium). Kambium hanya dapat ditemukan pada tumbuhan dikotil dan gymnospermae.

Kambium gabus adalah bagian dari korteks. Aktivitasnya menghasilkan jaringan gabus (felem, phellem atau cork) ke arah luar. Jaringan gabus mempunyai beberapa fungsi yaitu untuk mengendalikan masuknya dan keluarnya air, mencegah serangan hama, dan beberapa fungsi mekanik lainnya. Ke arah dalam, kambium gabus pada beberapa spesies tumbuhan menghasilkan lapisan kulit bergabus yang disebut feloderm (phelloderm).

Kambium pembuluh atau vaskular adalah bagian yang biasa disebut orang kambium saja. Kambium biasanya membatasi bagian pepagan (kulit kayu) dari kolom kayu pada batang pohon. Ke dalam, kambium akan membentuk pembuluh kayu (xilem) dan ke luar kambium membentuk pembuluh tapis (floem, phloem).

Tag Search :
fungsi kambium tumbuhan dikotil
pengertian kambium dalam tumbuhan
fungsi kambium pada tanaman dikotil
fungsi kambium dalam tumbuhan dikotil
fungsi kambium bagi tanaman dikotil
fungsi kambium pada tanaman dikotil adalah
fungsi kambium bagi tanaman
fungsi kambium bagi tanaman dikotil
fungsi kambium bagi tumbuhan dikotil adalah

fungsi kambium bagi tumbuhan secara umum






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kambium Pada Tanaman"

Posting Komentar