Definisi dan Pengetian Tumbuhan Paku dan Daur Hidupnya

Pengertian dan Definisi Tumbuhan Paku atau Paku-Pakuan

Tumbuhan Paku atau Paku-Pakuan adalah sekelompok tumbuhan dengan mempunyai sistem pembuluh sejati (Tracheophyta, memiliki pembuluh kayu dan pembuluh tapis) tetapi tidak menghasilkan biji untuk reproduksi seksualnya. Alih-alih biji, kelompok tumbuhan ini mempertahankan spora sebagai alat perbanyakan generatifnya, sama seperti lumut dan fungi.

Tumbuhan paku tersebar di seluruh bagian di dunia, kecuali daerah bersalju abadi dan daerah kering (gurun). Total spesies yang diketahui hampir 10.000, dengan perkiraan 3.000 di antaranya tumbuh di Indonesia. Sebagian besar anggota paku-pakuan tumbuh di daerah tropika basah yang lembab.

Tanaman paku adalah merupakan salah satu kelompok  tumbuhan yang tertua yang masih dapat di jumpai di daratan diduga tumbuhan paku merupakan tumbuhan berkormus tertua yang menghuni daratan bumi. Tumbuhan berkormus adalah tumbuhan yang memiliki akar, batang, dan daun yang sebenarnya. Artinya, batang akar dan daunnya sudah memiliki pembuluh angkut xilem dan floem.


Daur Hidup Reproduksi Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku bereproduksi secara vegetatif dengan rizom. Rizom tumbuh menjalar kesemua arah dan membentuk koloni-koloni tumbuhan paku.
Tumbuhan  paku mengalami pergiliran keturunan atau metagenesis dengan dua generasi yaitu : generasi sporofit dan generasi gametofit.

Generasi sporofit
generasi sporofit atau tumbuhan penghasil spora adalah tumbuhan paku itu sendiri. Jadi , tumbuhan paku yang kita lihat itu merupakan tumbuhan dalam fase sporofit . sporofit paku berumur lebih lama dibandingkan gametofit. Sporofit dapat tumbuh, bertunas sehingga jumlahnya bertambah banyak. Ini merupakan reproduksi secara Aseksual.

Generasi gametofit
generasi gametofit atau tumbuhan penghasil gamet adalah tumbuhan yang dikenal dengan nama protalium. Protalium yang berbentuk talus itu berukuran kira-kira 1-2 cm. Bentuknya seperti daun waru, biasanya tumbuh di permukaan lembab lainnya. Berbeda dengan tumbuhan lumut, gametofit paku hanya berumur beberapa minggu.


Definisi dan Pengertian Padi - Padian







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi dan Pengetian Tumbuhan Paku dan Daur Hidupnya"

Posting Komentar