Definisi Pengertian Umbi Batang

Umbi batang (bahasa Latin tuber cauligenum) yaitu umbi yang terbentuk dari batang atau struktur modifikasi batang, seperti geragih (stolo) atau rimpang (rhizoma). Umbi batang memunculkan tunas maupun akar, sehingga kerap kali dijadikan bahan perbanyakan vegetatif oleh manusia. Umbi batang dihasilkan oleh beberapa spesies Solanaceae (yang paling dikenal adalah umbi kentang) dan Asteraceae (seperti umbi dahlia dan topinambur). Rimpang jahe-jahean (Zingiberaceae) sering dianggap oleh awam sebagai "umbi" atau "akar".

Umbi batang adalah Batang yang tumbuh dan berkembang di dalam tanah dan ujungnya menggelembung menjadi umbi ini disebut dengan umbi batang. Umbi batang ini sebenarnya merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan itu. Pada permukaan umbi batang tumbuh sisik dan kuncup membentuk mata tunas.

Definisi dan Pengertian Batang Pada Tumbuhan Serta Cirinya


Contoh tumbuhan umbi batang antara lain kentang dan ubi jalar.




















Jadi disimpulkan Umbi Batang adalah akar yang berumbi, dapat menumbuhkan tunas seperti batang.
Sumber : Wikipedia

Tag Search :
pengertian umbi batang,pengertian umbi batang,pengertian umbi batang dan contohnya,pengertian umbi batang beserta contohnya,pengertian dan contoh umbi batang,pengertian dari umbi batang,pengertian umbi akar dan uji batang,pengertian umbi batang dan umbi lapis,artikel pengertian umbi batang






Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Definisi Pengertian Umbi Batang"