Pengertian dan Definisi Tanaman Lada (Merica)

Pengertian dan Definisi Tanaman Lada 
Buah Lada yang biasa juga di sebut Merica salah satu rempah yang berbentuk biji-bijian kecil. Latin Piper Albi Linn yaitu tanaman kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada terasa sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Tumbuhan lada adalah tumbuhan merambat dan memiliki daun tunggal berbentuk bulat telur berwarna hijau pucat dan buram dengan ujung runcing yang tersebar dengan batang yang berbuku-buku  Bunga lada tersusun dalam bentuk bunga majemuk dan berkelamin tunggal tanpa memiliki hiasan bunga.  Sedangkan buah lada berbentuk bulat dengan biji yang keras namun memiliki kulit buah yang lunak Tanaman ini sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu.

Buah Lada Merica
Pada abad pertengahan, lada merupakan raja perdagangan dan merupakan rempah-rempah yang maha penting dan berharga pada waktu itu. Bahkan bagi kerajaan Genua dan Venesia, lada menjadi sumber kekayaan, sebagai halnya minyak tanah di Indonesia dewasa ini. Karena pada waktu itu lada dianggap sangat berharga sehingga pada abad XIV dan XV, di Jerman lada tersebut dipergunakan sebagai nilai tukar seperti halnya uang. Lada juga dipergunakan untuk membayar gaji pegawai, pajak dan lain sebagainya

Jenis-Jenis Produksi Lada 
Lada
Jenis lada yang telash siapa saji dipengaruhi oleh warna kulit maupun proses pemasarannya. Beberapa jenis lada yang banyak beredar dipasaran adalah lada putih yang berasal dari biji lada yang sudah tua.  Jenis lada yang kedua adalah lada hitam yang dihasilkan dari biji lada yang belum terlalu tua.  Jenis lada yang ketiga adalah lada merah yang memiliki rasa sedikit manis dan kurang pedas.  Jenis lada yang keempat adalah lada hijau yaitu lada yang dipetik ketika usianya belum terlalu tua.









Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Definisi Tanaman Lada (Merica)"

Posting Komentar