Perbedaan Umbi Batang dan Umbi Akar

Perbedaan Umbi Batang dan Umbi Akar

Umbi merupakan satu organ dari tumbuhan yang merupakan modifikasi dari organ lain dan berfungsi sebagai penyimpan zat tertentu sebagai cadangan energi. Organ yang dimodifikasi bisa daun, batang atau akar. Bentuk modifikasi ini biasanya adalah pembesaran ukuran dengan perubahan anatomi yang sangat jelas terlihat.

Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah. Tumbuhan memerlukan cadangan energi dalam umbi karena ia tidak bisa berpindah tempat untuk menemukan sumber energi baru.


Umbi batang (tuber)Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya menggelembung menjadi umbi. Umbi batang tersebut sebenarnya merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan itu. Pada permukaan umbi batang tumbuh sisik dan kuncup membentuk mata tunas.


Contoh tumbuhan umbi batang antara lain kentang dan ubi jalar. Jika kita menanam umbi batang, maka pada mata tunas akan tumbuh me
njadi tunas muda yang merupakan tumbuhan baru. Pada mulanya, tunas muda mengambil makanan dari umbi batang, kemudian dari tunas muda itu akan tumbuh akar, batang, dan daun sehingga tumbuhan baru dapat melakukan fotosintesis sendiri. Merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi batang, biasanya dihasilkan oleh beberapa spesies Solanaceae dan Asteraceae.

Umbi jalar (tuberous root), Umbi akar adalah akar yang tumbuh membesar karena berisi cadangan makanan. Jika umbi akar ditanam bersama dengan pangkal batangnya, maka pada pangkal batang itu akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru.

Contoh tumbuhan umbi akar antara lain dahlia, wortel, lobak, dan singkong. Merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi akar. Ketela pohon/ubi kayu/singkong dan ubi jalar adalah contoh penghasil umbi akar. Jadi, perbedaannya adalah pada daerah yang menjadi modifikasi umbi saja, sedangkan fungsinya tidak berbeda jauh.







Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Perbedaan Umbi Batang dan Umbi Akar"

  1. Salah.bukannya singkong itu umbi batang ya?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Lebih mudahnya, Umbi batang dapat menghasilkan tunas jika ditanam tanpa pangkal batang, seperti kentang. Tapi umbi akar tidak Bisa seperti itu, contohnya singkong.
      Apa kalau nanam singkongnya saja (tanpa pangkal batang) bisa jadi tanaman baru?

      Hapus