Bioma dan Jenis Tumbuhan Kutub

Bioma dan Jenis Tumbuhan Kutub

Diantara kawasan di bumi kita ini, ada suatu daerah yang sangat dingin dan unik yang hampir seluruh daratannya adalah es yang membeku, yaitu daerah kutub. Hampir dalam segala hal kutub merupakan hal yang Ekstrim . Salah satunya adalah Antartika yang merupakan kutub bagian selatan bumi. Tanah hijau dan lembaran-lembaran es Antartika adalah gurun beku yang tidak memengku kehidupan selain spora yang tidak kasat mata. Akan tetapi, dengan kondisi alam yang ekstrim itu masih ada beberapa tumbuhan yang dapat bertahan hidup di  daerah kutub. di kutib terdapat 2 bioma yang dapat hidup yaitu bioma Tundra dan bioma Taiga.

BIOMA TUNDRA
Pada Bioma ini, Memiliki musim dingin yang sangat panjang (ekstrem). Bioma meliputi daerah-daerah yang terletak dekat dengan kutub utara dan di dalamnya tidak ditemukan pohon, didominasi oleh lumut-lumutan, rumput-rumputan, dan perdu. Bioma tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam lingkaran kutub utara dan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi. Pertumbuhan tanaman di daerah ini hanya 60 hari. Contoh tumbuhan yang dominan adalah Sphagnum, liken, tumbuhan biji semusim, tumbuhan kayu yang pendek, dan rumput. Pada umumnya, tumbuhannya mampu beradaptasi dengan keadaan yang dingin. Hewan yang hidup di daerah ini ada yang menetap dan ada yang datang pada musim panas, semuanya berdarah panas. Hewan yang menetap memiliki rambut atau bulu yang tebal, contohnya muscox, rusa kutub, beruang kutub, dan insekta terutama nyamuk dan lalat hitam. Ciri-ciri bioma tundra yaitu :

Mendapat sedikit energi radiasi matahari, musim dingin sangat panjang dapat berlangsung selama 9 bulan dengan suasana gelap.
Musim panas berlangsung selama 3 bulan, pada masa inilah vegetasi mengalami pertumbuhan.
Fauna khas bioma tundra adalah “Muskoxem” (bison berhulu tebal) dan Reindeer/Caribou (rusa kutub).

BIOMA TAIGA
Bioma taiga terdapat di belahan bumi sebelah utara dan di pegunungan daerah tropik atau terletak di selatan tundra, yaitu di antara daerah beriklim sedang dengan kutub seperti di daerah Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska dan Kanada. Bioma ini disebut pula bioma dengan hutan berawa atau hutan boreal. Ciri-ciri bioma taiga yaitu :

Perbedaan suhu di musim dingin dan panas sangat mencolok, di musim dingin dapat mencapai di bawah 00F dan di musim panas dapat mencapai 900F atau lebih.
Pertumbuhan tanaman terjadi pada musim panas yang berlangsung antara 3 sampai 6 bulan.
Flora khasnya adalah pohon berdaun jarum/pohon konifer, contoh pohon konifer adalah Pinus merkusii (pinus). Keanekaragaman tumbuhan di bioma taiga rendah, vegetasinya nyaris seragam, dominan pohon-pohon konifer karena nyaris seragam, hutannya disebut hutan homogen. Tumbuhannya hijau sepanjang tahun, meskipun dalam musim dingin dengan suhu sangat rendah.
Fauna yang terdapat di daerah ini adalah beruang hitam, ajak, srigala dan burung-burung yang bermigrasi kedaerah tropis bila musim dingin tiba. Beberapa jenis hewan seperti tupai dan mammalia kecil lainnya mampu berhibernasi pada saat musim dingin.


Jenis - Jenis Tumbuhan Kutub

Tumbuhan yang mampu  hidup di kutub sangat terbatas jenisnya. Berikut beberapa contoh jenis - jenis tumbuhan yang mampu hidup di kutub.

LICHEN TUA
Di kedua kawasan kutub, tumbuhan yang  paling berhasil  tumbuh adalah  LUMUT , LICHEN , dan ALGA.   Ada lebih dari 400 jenis LICHEN di Antartika.  Beberapa di antaranya berusia sekitar 10.000 tahun .  Ukurannya sangat kecil karena LICHEN tumbuh sangat lambat dalam kondisi dingin. 

SEMAK WILLOW 
Pepohonan tinggi tidak dapat hidup di tundra, namun SEMAK WILLOW arktik bertahan hidup dengan merambat di tanah.  Tinggi cabangnya tidak pernah melebihi dari 10 cm dari tanah, namun panjangnya lebih dari 5 m. Pucuk dan daunnya mengandung vitamin C lebih banyak dari buah jeruk.


BUNGA POPPY 
Bentuk BUNGA POPPY  arktik mirip mangkuk. Bentuk tersebut berfungsi seperti piringan pemantul untuk memfokuskan cahaya matahari ke tengah bunga.  Bunga itu juga tumbuh mengikuti arah matahari.  Kedua bentuk adaptasi ini membantu menjaga biji tetap hangat sehingga BUNGA POPPY dapat berkembang cepat sebelum cahaya matahari musim panas menghilang.  BUNGA POPPY arktik tumbuh rendah dan bergerombol ,  seperti kebanyakan tumbuhan kutub.


TUMBUHAN PEMAKAN DAGING 
Tumbuhan SANDEW memperoleh nutrisi tambahan dengan menjebak serangga menggunakan daunnya yang lengket.  Daunnya ditutupi oleh rambut khusus yang meneteskan cairan lengket di bagian ujung.  Serangga yang tertarik pada cairan berkilau itu akan terjebak pada rambut - rambut yang lengket.  Daun SANDEW kemudian perlahan mencengkram tubuh serangga dan rambut khususnya mengeluarkan cairan pencerna yang mengubah tubuh serangga menjadi seperti sup.  Lalu tumbuhan itu menyerap sup serangga.  Kurang lebih sehari kemudian,  yang tersisa dari serangga hanya kulit yang kering dan kosong.







Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bioma dan Jenis Tumbuhan Kutub"