PEMBENTUKAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN SEKRETORI

PEMBENTUKAN STRUKTUR SEKRESI

Struktur sekresi ekstraselular dapat terbentuk dengan secara :
  • Sizogen yaitu pembentukan ruang sekretori diawali dengan pembelahan satu sel epidermis yang berdiferensiasi menjadi satu sel epitel yang akan menghasilkan sekret.
Ciri utama pembentukan ruang sekretori secara schyzogen dengan di temukannya sel epitel sebagai pembatas ruang sekretori.
  • Lisigen yaitu pembentukan ruang sekretori diawali dengan pembelahan sel serta pengakumulasian sekret. Sel sel tersebut akan rusak sehingga akan membebaskan zat ke dalam ruang yang terjadi kerusakan tersebut terdapat sisa-sisa sel yang rusak
Ruang sekretori memiliki berbagai macam bentuk ada yang memiliki bentuk membulat(Leguminose ,Burceraceae,Myrtaceae),memanjang seperti kanal (Coniferae,Umbellifae,Araliaceae).


STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN SEKRETORI

Sturuktur serkretori eksternal
Rambut kelenjar

Sekretorieksternal mempunyai sturuktur, bentuk serta ukuran yang bermacam-macam, merupakanderifat epidermis dan lapisan subefidermal. Misalnya rambut kelenjar. Rambut kelenjar mempunyai kepala yang mengeluarkan sekresi, dan terdiri atas satu atau banyak sel, sedangkan tangkai terdiri dari sel-sel Yang bukan kelenjar. Rambut kelenjar dapat mengeluarkan sekresi yang berupa: 
  • Minyak misalnya pada Mentha. Minyak ini berbentuk tetes kecil pada Dictamnus, tetesminyakterdapatdalam plastid.
  • Lendir, misalnya pad tumbuhan Insektivor. Tumbuhan ini berupa lendir berupa mukopolisakarida, berfungsi untuk menjerat serangga.


Nektaria(kelenjarmadu)
Nektar adalah cairan yang mengadung gulater dapat pada bunga dan pada bagian vegetative (ekstrafloral). Nektariaflorai, terdapat pada daun kelopak, daun mahkota bunga ,pada benangsari, padaoparium atau pada dasar bunga. Sedangkan nektariaekstrafloral terdapat pada batang, daun, stipula, atau tangkai bunga.
Selsekretori pada nektaria mempunya isitoplasma yang padat dan vakuolakecil, sering mengandung tannin.

Hidatoda
Hidatoda merupakan struktur pelengkap pada daun berfungsi mengeluarkan air dari dalam kepermukaan daun. Proses ini dinamakan gutasi. Hidatoda merupakan modifikasi dari bagian-bagian daun, terletak pada helayan daun atau padaujungnya, dimana air darixilen di tinggalkan, untuk mencapai permukaan daun.

Struktursekretori internal
Selkelenjar internal yang mempunyai kandungan bermacam-macam sel-sel kelenjar sering tampak sebagai sel yang khusus. Sel-sel ini di namakanidioblas.Sel-sel kelenjar mungkin memanjang, dan panjangnya khusus, di namakan kantong (sakus) atau buluh.

Tag Search :
jaringan sekresi adalah,jaringan sekresi adalah,jaringan yang melakukan fungsi sekresi adalah pengertian jaringan sekresi,pengertian jaringan sekresi,pengertian jaringan sekresi pada tumbuhan






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEMBENTUKAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN SEKRETORI"

Posting Komentar