Pengertian Jaringan Sekretori

PENGERTIAN JARINGAN SEKRETORI
Disebut juga kelenjar internal karena senywa yang dihasilkan tidak keluar dari tubuh. Penyusun jaringan sekretori adalah :
  • Sel kelenjar, sel minyak dalam endosperma biji jarak
  • Saluran kelenjar, saluran kelenjar pada daun jeruk, senyawa yang dihasilkan ditimbun dalam ruangan penyimpan, misalnya minyak atsiri, lender, dan damar 
  • Saluran getah, sel-sel yang mengalami fusi membentuk suatu system jaringan yang menembus jaringan-jaringan lain dalam tubuh. Sel tersebut berisi getah.

CIRI SEL PENYUSUN JARINGAN SEKRETORI
SEL KELENJAR
Sel kelenjar biasanya di golongkan berdasarkan isi selnya, tetapi beberapa sel kelenjar mengandung campuran zat-zat, atau mungkin isinya tidak dapat di identifikasi.Sel kelenjar mengandung subtansi minyak, misalnya pada suku calycanthchaceae, lauraceae,magnoliaceae, simarubaceae, dan winteraceae. Sel-sel ini terdapat pada jaringan dasar batang maupun daun.Pada suku klusiaceae, hipericaceae, Sel kelenjar di sebut sel minyak.Beberapa suku dikotil mengandung resin, yang lain mengandung lender ,misalnya Cactaceae dll. Sel-sel yang berlendir sering mengandung rafida, misalnya pada Aloe sp. Sel yang mengandung enzim Mirosinase dapat dijumpai pada suku Capparidaceae dll.

RUANG DAN SALURAN SEKRETORI
Ruang dan saluran kelenjar berbeda dengan sel kelenjar karena ruang atau saluran dihasilkan dengan beberapa cara:
  • Secara lisigenya itu ruangan antara sel yang terjadi karena lisisnya dinding sel, misalnya, Citrus, gossipium.
  • Secara sizogen, ruang yang terjadi karena menjauhnya sel yang satu dengan sel yang lain. Misalnya kelanjar minyak pada embrio eucalipetus.
  • Secara sizolisi gen ruang yang terjadi merupakan gabungan tipe lisigen dan sizogen.
Saluran getah adalah sel atau deretan sel-sel yang berhubungan mengandung getah yaitu suatu cairan yang berwarna putih mempunyai komposisi yang rumit. Saluran getah mungkin sederhana yang berasal dari satu sel, atau berasal dari sel-sel yang mengadakan persatuan pada dinding ujungnya dan kemudian dinding sel. Larut disebut saluran getah beruas yang berasal dari satu sel disebut saluran getah tidak bersambung.
  • Sekresi merupakan pelepasan bahan dari sel (baik ke permukaan sel tersebut atau ke ruang dalam tumbuhan) maupun akumulasi sekret ke dalam suatu bagian sel.
  • Pembentukan struktur sekresi dibedakan secara lisigen(melarutnya sel) dan sizogen(pembelahan sel).
  • Struktur jaringan sekretori terbagi menjadi sekretori intraseluler serta sekretori ekstraseluler.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Jaringan Sekretori"

Posting Komentar