Pengertian dan Definisi Kaktus Tumbuhan Gurun

Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kata jamak untuk kaktus adalah kakti. Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

Tumbuhan yang satu ini memiliki keistimewaan yakni Mampu tumbuh tanpa air dengan waktu yang cukup lama, sehingga kaktus bisa kita temukan pada daerah yang kering, seperti gurun.

Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Hal inilah yang menyebabkan Kaktus bisa bertahan hidup tanpa air dengan waktu yang cukup lama.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan tanaman kaktus ada 4 yaitu ketinggian, iklim, tanah, dan air. Ketinggian menentukan tinggi rendahnya suhu. Meskipun ada kaktu yang dapat tumbuh di daerah pegunungan, kebanyakan, kaktus hidup di daerah subtropis yang kering dan gurun.

Iklim menentukan jumlah curah hujan per tahun. Di daerah aslinya, yaitu Amerika, kaktus tumbuh di daerah yang curah hujannya minim, terutama di daerah padang pasir maupun daerah rumput (savanna). Daerah yang ditumbuhi kaktus adalah daerah dengan tanah padang pasir yang kering, sangat panas, hujan alakadarnya, , pada malam hari sangat dingin dan anginnya sangat kencang. 

Tanaman kaktus lebih aik kekurangan air daripada kelebihan air.
Pada umumnya, tanaman kaktus menghendaki tanah yang poreus (air siraman tidak menggenang), dapat menyimpan air ala kadarnya, tidak boleh mengandung garam laut, dan tidak boleh bereaksi dengan asam. Oleh karena itu, dapat disimpulakn bahwa tanah dalam pot harus tidak boleh padat dan senantiasa berudara segar.

Kaktus dapat dikembangbiakkan dengan cara generative yaitu dengan cara menyemaikan bijinya, cara yang kedua adalah vegetative yaitu melalui stek batang dan sambungan. Biji kaktus yang beraneka ragam dapat disebar setiap waktu. Semai kaktus pada umumnya sangat lamban tumbuhnya, namun dapat dipercepat dengan terlebih dahulu memasukkan air panas, kemudian diaduk dan dibiarkan dingin. Dalam air tersebut, biji disimpan 2-3 hari untuk kemudian ditaburkan di tempat yang telah disediakan.

Biji kaktus tidak usah disebar dalam aluran, cukup ditaburkan secara merata di tempat pesemaian tersebut. Ketinggian suhu akan mempengaruhi lambannya semai tumbuhnya biji, disarankan bahwa 21®C adalah suhu yang optimum bagi pertumbuhan biji kaktus.umur semai kaktus dapat dipindahkan sesuai jenis kaktus tersebut.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Definisi Kaktus Tumbuhan Gurun "

Posting Komentar