Pengertian Definisi Tanaman Nenas (Ananas Comusus)

Tanaman   nenas   (Ananas   comusus)   sudah  lama   dikenal   namun   bukanmerupakan tanaman asli Indonesia.   Tanaman ini berasal dari Amerika Selatandan Hindia Barat, kemudian tersebar ke seluruh daerah   tropis dan sub tropis.

Nenas merupakan tanaman buah berupa semak yang memiliki namailmiah atau nama Latin yaitu Ananas comosus. Memiliki nama daerah danas (Sunda)dan neneh (Sumatera). Dalam bahasa Inggris disebut pineapple Di Indonesia pada mulanya hanya sebagai tanaman pekarangan,dan meluas dikebunkan di lahan kering (tegalan) di seluruh wilayah nusantara.Tanaman ini kini dipelihara di daerah tropik dan sub tropik. Nenas adalah buah yang memiliki mata yang banyak dan memiliki warna kuning keemasaan. 

Klasifikasi dan Morfologi
Dalam klasifikasi atau sistematika tumbuhan (taksonomi), nanas termasuk dalam famili bromiliaceae. Kerabat dekat spesies nanas cukup banyak, terutama nanas liar yang biasa dijadikan tanaman hias, misalnya A. braceteatus (Lindl) Schultes, A. Fritzmuelleri, A. Adapun secara lengkap, klasifikasi tanaman Nanas adalah  sebagai berikut :
Kingdom : Plantae (tumbuh-tumbuhan)
Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Kelas : Angiospermae (berbiji tertutup)
Ordo : Farinosae (Bromeliales)
Famili : Bromiliaceae
Genus : Ananas
Species : Ananas comosus (L) Merr.

Tanaman nanas berbentuk semak dan hidupnya bersifat tahunan (perennial). Tanaman nanas terdiri dari akar, batang, daun, batang, bunga, buah dan tunas-tunas. Akar nanas dapat dibedakan menjadi akar tanah dan akar samping, dengan sistem perakaran yang terbatas Akar-akar melekat pada pangkal batang dan termasuk berakar serabut (monocotyledonae). Kedalaman perakaran pada media tumbuh yang baik tidak lebih dari 50 cm, sedangkan di tanah biasa jarang mencapai kedalaman 30 cm .


Jenis-jenis Buah Nanas
Dalam hal ini ada beberapa jenis nanas diantaranya adalah sebagai baerikut:
  • Nana madu (kualitasnya sara manis madu tapi kecil bentuknya) 
  • Nanas ayam rintit (dengan daun di kepalanya lebih besar)
  • Nanas landuk (yang sisinya agak tajam)Setiap sel tubuh terkena kerusakan oksidaaktif DNA yang menjadi pusat6informasi genetika dapat menjadi contoh setiap harinya DNA terkena 10.000 pukulan oksidaaktif, belum lagi molekul lain seperti lemak dan protein yangamat rentan terhadap kerusakan oksidaktif.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Definisi Tanaman Nenas (Ananas Comusus)"

Posting Komentar