Pengertian Kacang Tanah Menurut Tipe dan Umurnya

Pengertian Kacang Tanah
Kacang tanah dengan nama ilmiah Arachis hypogaea merupakan tanaman polong-polongan yang termasuk anggota family Fabaceae. Kacang tanah ini mengandung zat-zat yang penting bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kacang tanah juga merupakan kacang-kacangan terpenting setelah kedelai. Kacang tanah kaya akan lemak; protein yang tinggi bahkan jauh lebih tinggi dari protein pada daging, telur dan kacang soya; zat besi; vitamin E; vitamin B kompleks; vitamin A dan K; fosforus; lesitin, kolin dan kalsium.

Kacang tanah juga mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh untuk mencegah beberapa macam penyakit. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dapat mencegah penyakit jantung. Kacang tanah bekerja meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resoki penyakit jantung koroner.Memakan segenggam kacang tanah setiap hari terutama pesakit kencing manis dapat membantu kekurangan zat. Selain itu banyak lagi manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh seperti membantu meningkatkan kesuburan, membantu mengatur gula darah, membantu mencegah batu empedu, membantu tingkat kolesterol rendah, dan lain-lain.

Menurut Tipe Pertumbuhannya
Menurut pertumbuhannya, jenis kacang tanah dapat dibedakan menjadi dua tipe, yakni:

Tipe tegak
Cabang-cabang kacang tanah tipe tegak ini pada umumnya lurus atau sedikit miring keatas. Orang lebih menyukai kacang tanah tipe tegak, sebab umumnya lebih genjah ( kira-kira 100-120hari ), pemungutan hasilnya pun mudah dilakukan. Karena buah kacang tanah tipe tegak ini hanya terdapat  pada ruas-ruas dekat rumpun, maka buah kacang (polong) dapat masak sacara serempak.

Tipe menjalar
Cabang kacang tanah tipe menjalar ini bertumbuh kesamping dan cabangnya mengarah keatas. Kacang tanah bertipe menjalar lebih panjang dari pada batang utama dari kacang tanah yang bertipe tegak. Umur kacang tanah tipe ini berkisar antara 5-6 bulan.

Kacang Tanah Menurut Umurnya
Munurut umurnya, jenis kacang tanah dapat digolongkan sebagai berikut :

Kacang tanah berumur panjang
Kacang tanah ini bisa mencapai umur 6-7 bulan. Kacang yang tergolong berumur panjang ini adalah kacang cina.
Ciri-ciri kacang tanah yang berumur panjang:
  • Batang panjang
  • Buah banyak, tetapi masak secara tidak serempak
  • Satu buah berisi 3-4 biji.
Kacang tanah berumur pendek
Umur tanaman kacang tanah jenis ini kurang lebih 3-4bulan. Kacang tanah berumur pendek dibedakan menjadi tiga golongan, yakni :
  • Jenis kacang tanah yang bijinya berkulit ari merah tua
  • Buah kacang tanah jenis ini besar, berbiji 1-3 butir. Kacang tanah yang termasuk golonagn ini adalah kacang Palembang, kacang Afrika.
  • Jenis kacang tanah yang bijinya berkulit ari merah muda

Hasil kacang tanah jenis ini banyak : rata-rata 1 buah polong berbiji 1-2 butir. Kacang tanah yang termasuk jenis ini adalah kacang Holle, kacang Tular.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kacang Tanah Menurut Tipe dan Umurnya"

Posting Komentar