Pengertian Tumbuhan Nipa dan Klasifikasinya


Nipah atau Nypa fruticans adalah salah satu tumbuhan anggota famili Arecaceae (palem) yang umumnya tumbuh di daerah rawa yang berair payau atau daerah pasang surut di dekat pantai. Pohon nipah tumbuh di lingkungan hutan bakau.


Bentuknya sekilas menyerupai pohon kelapa sawit yang tumbuh di wilayah tergenang air dengan buah yang berbentuk unik, yakni bertandan, menyerupai kumpulan buah bulat pipih berkulit keras tersusun membulat dan berwarna coklat.

Di Indonesia pohon nipah mempunyai berbagai nama lokal seperti daon, daonan, nipah, bhunjok, lipa, buyuk (Sunda, Jawa), buyuk (Bali), bhunyok (Madura), bobo (Menado, Ternate, Tidore), boboro (Halmahera), palean, palenei, pelene, pulene, puleanu, pulenu, puleno, pureno, parinan, parenga (Maluku).

Klasifkasi Tumbuhan Nipah ( Nypa fruticans )

Kingdom : Plantae
Divisio : Magnoliophyta
Class : Liliopsida
Ordo : Arecales
Family : Arecaceae
Genus : Nypa
Spesies : Nypa fruticans Wurmb.

Ciri – Ciri Pohon Nipah

Batang
Berbeda dengan pohon kelapa, nipah memiliki batang yang menjalar di tanah dan membentuk rimpang yang terendam lumpur. Pohon nipah tampak seperti tidak memiliki batang, sebab hanya daun dari pohon nipah yang muncul di atas tanah.

Akar
Akar dari pohon nipah ini merupakan akar serabut dengan panjang dapat mencapai belasan meter.

Daun
Seperti pada jenis pohon yang termasuk ke dalam famili palem lainnya, rimpang dari pohon palem tumbuh daun majemuk dengan tinggi mencapai 9 meter dan tangkai daun berukuran 1 sampai 1,5 meter. Daun dari pohon nipah yang masih muda berwarna kuning, sedangkan daun yang sudah tua berwarna hijau.

Bunga
Nipah memiliki bunga majemuk yang muncul dari ketiak daun, dengan bunga jantan tersusun dalam malai dan bunga betina terkumpul di ujung yang membentuk bola. Tandan bunga nipah dapat disadap untuk diambil air niranya.

Buah
Nipah memiliki buah yang berbentuk bulat telur dan gepeng dengan 2 sampai 3 rusuk dan berwarna coklat agak kemerahan. Panjang buah nipah kurang lebih 13 cm dengan lebar sekitar 11 cm. Buah nipah berkelompok membentuk bola dengan diameter 30 cm. Umumnya dalam satu tandan, terdapat 30 sampai 50 butir buah nipah.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Tumbuhan Nipa dan Klasifikasinya"

Posting Komentar