Pengertian dan Definisi Tanaman Cabai Lombok

Deskripsi Tanaman Cabai (lombook)

Cabai atau yang biasa kita kenal disebut lombok  adalah sejenis sayuran buah semusim yang termasuk dalam anggota genus Capsicum yang banyak diperlukan oleh masyarakat sebagai penyedap rasa masakan.

Cabai (Capsicum annuum L.) merupakan komoditas sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat. Ciri dari jenis sayuran ini adalah rasanya yang pedas dan aromanya yang khas, sehingga bagi orang-orang tertentu dapat membangkitkan selera makan. Karena merupakan sayuran yang dikonsumsi setiap saat, maka cabai akan terus dibutuhkan dengan jumlah yang semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan perekonomian nasional .

Cabai sebagai komoditi sayuran mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi dibanding sayuran lainya.Cabai mempunyai banyak kegunaan dalam kehidupan manusia.pada umumnya,cabai dikonsumsi atau diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk bahan penyedap berbagai macam bahan masakan,cabai juga banyak digunakan sebagai bahan baku industri makanan,sebagai penghasil minyak atsiri dan bahan ramuan obat tradisional,cabai juga dapat dimanfaatkan selain untuk bahan baku obat-obatan tapi juga sebagai bahan baku kosmetik.

Klasifikasi dan Morfologi
Tanaman cabai merah (Capsicum annuum L.)
Kingdom          : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Solanales
Famili              : Solanaceae
Genus              : Capsicum (Tabin, 2010).

Tanaman cabai berbentuk perdu, berdiri tegak dan bertajuk lebar. Tanaman ini juga mempunyai banyak cabang dan setiap cabang akan muncul bunga yang pada akhirnya berkembang menjadi buah. Disebut cabai merah karena buahnya besar berwarna merah.

Jenis-Jenis Tanaman Cabai 

Cabai Keriting
Cabai keriting cocok ditanam di daerah dataran tinggi seperti kebun yang sering terkena hujuan keuntungan cabai keriting bisa ditanam sepanjang tahun cabai keriting kurang cocok ditanam di daerah dataran rendah cabai keriting memang relatif lebih kecil dibanding dengan jenis cabai merah biasa cabai keriting mempunyai banyak biji sedangkan cabai biasa mempunyai biji lebih sedikit dan daging nya pun tebal panjang cabai keriting bisa mencapai sekitar 15cm.

Cabai Merah Biasa
Cabai yang bentuknya bulat panjang ini,Gilig,Dan berdaging tebal. Biarpun harganya lebih murah,Tetapi hasil produksinya sangat baik.

Cabai Paprika
Cabai raksasa yang bentuk buahnya bulat dan lonjong rasanya yang pedas,Cabai raksasa ini mudah ditanam,Dan banyak digunakan oleh masyarakat

Cabai Rawit
Cabai rawit (Capsicum frutescens) dalam bahasa inggris dikenal  dengan nama Hot pepper atau bird’s eye chili pepper. Dalam bahasa melayu dikenal dengan nama Cili padi, lada merah, lada mira. Dalam bahasa Thailand disebut Phrik kheenuu. Dalam bahasa china disebut La jiao, ye la zi. Dalam bahasa jepang disebut Kidachi tougarashi.

Morfologi Tanaman Cabai
Tanaman cabai rawit memiliki morfologi: daun tunggal, agak bulat dan melebar, ujung meruncing, pangkal menyempit, tepi rata, pertulangan menyirip, jumlah percabangan banyak, tinggi tanaman 50-120 cm, batang berbuku-buku, bertangkai, letak berselingan, panjang 5-9,5 cm, lebar 1,5-5,5 cm, berwarna hijau. Bunga keluar dari ketiak daun, mahkota berbentuk bintang, bunga tunggal, berwarna putih, putih kehijauan, atau ungu.

Buah cabai rawit tegak, kadang-kadang merunduk, berbentk bulat telur, lurus atau bengkok, ujung meruncing, panjang 1-5 cm, bertangkai panjang, dan rasanya pedas. Buah yang masak berwarna merah. Ukuran cabai rawit lebih kecil dibanding cabai keriting atau cabai merah besar, namun lebih pedas. memiliki biji dalam jumlah banyak, berbentuk bulat pipih, berdiameter 2-2,5 mm, berwarna kekuningan. Beberapa jenis cabai rawit lokal yang dikenal di indonesia antara lain:

Cabai rawit kecil/cabai jemprit: buahnya kecil dan pendek, lebih pedas.
Cabai rawit putih/cabai domba: buahnya lebih besar dari cabai jemprit, warna putih kekuningan.
Cabai rawit celepik: buahnya lebih besar daripada cabai jemprit dan lebih kecil dari cabai domba, rasanya kurang pedas dibandingkan cabai rawit jemprit. Waktu muda berwarna hijau. Setelah masak berwarna merah cerah.

deskripsi tanaman cabai
cabai adalah
makalah tanaman cabai
morfologi cabai
deskripsi cabai rawit
nama latin cabai merah
nama latin cabai rawit
jenis cabai






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Definisi Tanaman Cabai Lombok "

Posting Komentar